Pages

Subscribe:

Sabtu, 12 Januari 2013

Ba Dua Gol, Chelsea Hantam Southampton 5-1


Jakarta - Chelsea berhasil mengalahkan Southampton dengan skor akhir 5-1 saat berduel di babak ketiga Piala FA. Dua gol dari lima gol The Bluesdisumbangkan oleh striker debutan, Demba Ba.

Pada pertandingan yang berlangsung di St Mary's Stadium, Sabtu (5/1/2013) malam WIB, The Saints unggul lebih dulu berkat gol yang dikemas oleh Jay Rodriguez pada menit ke-22.

Chelsea akhirnya bisa berbalik unggul 2-1 sebelum turun minum usai Demba Ba dan Victor Moses berhasil menyarangkan bola ke gawang tuan rumah.

Di babak kedua, masih bisa menambah gol lagi. Gol-gol yang dicetak ke gawang tim sesama Premier League itu diciptakan oleh Branislav Ivanovic dan Ba yang mengemas gol kedua, serta Frank Lampard lewat titik putih.

Dengan kemenangan ini, Chelsea pun berhak melaju ke babak keempat Piala FA.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama Chelsea hadir di menit ketujuh saat David Luiz melakukan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti tapi masih melebar. Kans itu berawal dari sepak pojok Juan Mata.

Luiz kembali mengancam enam menit berselang. Meski tendangan pesepakbola asal Brasil itu tepat sasaran, tapi masih bisa diantisipasi oleh kiper Southampton, Artur Boruc.

Southampton yang mendapatkan peluang pertama di menit ke-22 langsung memaksimalkannya dengan sempurna. Rodriguez yang menerima umpan terobosan dari Jason Puncheon bisa mengirim bola ke pojok kiri gawang yang dikawal Ross Turnbull.

'Si Biru' berhasil membuat kedudukan sembang 1-1 di menit ke-35. Ba menjadi pencetak gol balasan Chelsea itu.

Juan Mata melakukan tusukan ke dalam kotak penalti Southampton lalu menyodorkan bola ke muka gawang. Ba yang mendapatkan gangguan dari pemain belakang tuan rumah, masih bisa menyontek bola masuk ke dalam gawang yang dikawal Boruc.

Chelsea berbalik unggul saat babak pertama memasuki waktu tambahan setelah Moses turut mencatatkan namanya di papan skor. Ashley Cole dengan jeli menyodorkan umpan matang kepada Moses di dalam kotak penalti yang langsung menendang keras bola dari kaki kanan.

Skor berubah menjadi 2-1, tak lama pertandingan pun memasuki masa jeda.

Lima menit babak kedua berjalan, Mata melakukan sepakan keras dari luar kotak. Sial, bola tendangan pemain timnas Spanyol itu masih membentur pemain belakang Southampton.

Ivanovic memperlebar keunggulan Chelsea di menit ke-52. Bola sundulannya memanfaatkan operan Mata dari sayap kiri menjebol gawang Southampton untuk ketiga kali.

Ba mencetak gol kedua saat melakoni laga debut dengan Chelsea sembilan menit kemudian. Eden Hazard menjadi kreatornya dengan umpan silang yang berhasil disambut sontekan kaki kanan Ba.

Lampard membawa Chelsea unggul jauh dengan golnya yang dicetak lewat titik putih pada menit 83. Beberapa saat sebelumnya, pemain belakang Southampton, Maya Yoshida, dinyatakan wasit menyentuh bola dengan tangan.

Di sisa pertandingan tidak ada lagi gol tambahan Chelsea pun menang dengan skor akhir 5-1.

Susunan Pemain

Southampton: Boruc, Cork, Fonte (Hooiveld 63), Yoshida, Shaw, Puncheon (Lee 76) Steven Davis, Schneiderlin (De Ridder 54), Ward-Prowse, Do Prado, Rodriguez

Chelsea: Turnbull, Azpilicueta, Ivanovic (Lampard 65), Cahill, Cole, Ramires, Luiz, Mata (Oscar 80), Hazard, Moses (Marin 73), Ba

0 komentar:

Posting Komentar