Pages

Subscribe:

Senin, 28 Januari 2013

Drogba masukkan Cina ke peta sepak bola dunia


Didier Drogba dinilai berhasil menjadikan Cina sebagai tujuan baru para bintang sepak bola dunia.
Didier Drogba
"Saya berharap bisa membantu mempromosikan sepak bola Cina di mata dunia," kata Drogba, Juli lalu setelah meninggalkan Chelsea dan bergabung dengan Shanghai Shenhua.

Banyak pihak kaget dengan keputusan Drogba karena bintang asal Pantai Gading ini baru saja mengantarkan Chelsea menjuarai Liga Champions Eropa."Saya juga ingin meningkatkan hubungan antara Cina dan Afrika di bidang sepak bola," tambah Drogba.
Drogba bukan pemain sepak bola papan atas dunia yang memutuskan berkarier di Cina. Pemain bintang pertama yang masuk ke Cina adalah rekan satu tim Drogba di Chelsea, Nicolas Anelka.

Faktor gaji

Namun karena Drogba, beberapa nama besar meramaikan sepak bola Cina, di antaranya adalah Marcello Lippi.
Manajer yang mengantarkan Italia menjuarai Piala Dunia ini dikontrak klub Guangzhou Evergrande.
Kepindahan Drogba, yang digaji US$300.000 per minggu, bersamaan dengan hijrahnya beberapa pemain top Eropa ke Asia Timur dan Australia.
Alessandro Del Piero bermain untuk klub Sydney FC sementara mantan penyerang tim nasional Inggris, Emile Heskey, memperkuat tetangga Sydney FC, Newcastle Jets.
Kepindahan beberapa bintang Eropa ke Timur ini antara lain dipicu oleh gaji tinggi yang ditawarkan klub-klub di Cina dan Australia.
Karena faktor ini pula David Beckham disebut-sebut mempertimbangkan untuk melanjutkan karier sepak bola di Timur setelah meninggalkan klub Amerika Serikat, LA Galaxy.

0 komentar:

Posting Komentar