Pages

Subscribe:

Senin, 19 November 2012

Tips Menjadi Penjaga Gawang

Dalam dunia sepak bola, hanya ada satu orang yang istimewa dimana dia bisa pake baju berbeda dengan yang lainnya dan bisa memegang bola, siapalah dia..?Dia adalah seorang Penjaga Gawang atau sering di sebut Kiper. Namun tak setiap kiper bisa memegang bola dimana saja ( he..he udah ada aturannya…  ).


Ada yang pesen pada saya tUk dicarikan tentang panduan apa saja untuk menjadi seorang penjaga gawang yang handal/hebat. Untuk menjawab pertanyaan dari Kak Alten yang meminta untuk dicarikan tutornya. Kita Langsung saja yU…
Untuk menjadi seorang Kiper yang hebat, ternya tidak hanya mengandalkan Refleks, penempatan posisi, lompatan yang bagus atau juga fisik yang kuat, ternyata masih ada lagi yang harus di miliki untuk menjadi seorang Penjaga Gawang/Kiper yang hebat, diantaranya yaitu :

PERTAMA ADALAH KEBERANIAN
Maksud dari keberanian disini bukanlah dalam masalah Berkelahi, tapi dalam mengantisipasi dan mengambil bola, karena di era modern kiper bukan hanya diam di bawah mistar saja, tapi harus bertanggung jawab juga dalam pertahanan dan menjadi seorang Sweeper dalam kondisi kurang menguntungkan. Kiper juga harus berani beradu badan dengan para pemain lain untuk menjaga gawangnya dan hal ini kadang menimbulkan cedera pada para kiper, namun sebagai seorang kiper haruslah lebih hati-2.

KEDUA ADALAH DETERMINASI
Maksud da-ri Determinasi adalah pengambilan keputusan dan kecepatan. Menjadi seorang Kiper adalah sebagai tuntutan untuk segera mengambil keputusan dalam setiap keadaan. Jika permainannya cepat, maka kiperpun harus bergerak lebih cepat dalam mengantisipasi bola.

PENGLIHATAN YANG TAJAM
Hal ini dibutuhkan para kiper dalam berbagai hal. Mungkin banyak yang tidak menyadari hal ini, namun penglihatan yang baik sangat vital dalam membantu kiper menjalankan tugasnya. Mulai dari melakukan umpan panjang, membaca arah bola, dan yang paling vital adalah membaca gerakan penendang penalti dari mata si penendang. Disadari atau tidak, para penendang penalti pasti akan melihat arah yang akan menjadi tujuan tendangannya(walaupun tidak semua) walaupun hanya sepersekian detik saja).

REFLEK
Tiap orang pasti beda2 refleknya,, tapi menurut saya,, reflek bisa muncul dari kebiasaan,, dan dari kebiasaan itu kita bisa reflek memposisikan diri saat one by one sama striker musuh.

MEMBACA PERMAINAN LAWAN
saya biasanya stay still di belakang sambil agak nunduk... Biasanya dapet view pergerakan pemain lawan,, jadi bisa teriak2 ngatur bek... 

FOKUS DAN KETENANGAN
ngebaca permainan lawan bakalan susah kalo kita gak tenang,, apalagi pas di counter,, sebisa mungkin tetap tenang sambil perhatikan posisi lawan,, agak susah emang,, ane biasanya panik duluan klo kena counter 

STAMINA
Sapa bilang jadi kiper ga butuh stamina banyak gan? Menurut saya yg paling nguras tenaga kiper itu TERIAK2 ngatur defendernyaKalau stamina udah kekuras,, biasanya telat mulu buat nutup pergerakan striker

0 komentar:

Poskan Komentar